Di antara program program pokok departemen keuangan adalah mensukseskan penyediaan anggaran operasional yayasan yang meliputi program pendidikan Islam, ketrampilan lifeskill, dan program program kesejahteraan sosial dengan sistem akuntansi yang akuntabel, dan terpercaya.
Mengusahakan terwujud nya kesejahteraan bagi seluruh civitas yayasan Al Badr melalui program pemberdayaan ekonomi bersama, di antaranya adalah mengadakan pengembangan pemasaran produk produk kebutuhan masyarakat.
Sebagaimana lembaga sosial kemasyarakatan pada umumnya, YaPIS Al Badr pun menggalang donasi dari para dermawan, donatur, dan muhsinin baik secara reguler maupun tentatif situasional.
Donatur reguler adalah penyandang dana bagi yayasan secara reguler atau rutin setiap bulannya, baik instansi maupun perseorangan dengan pilihan jumlah donasi yang dipilih oleh donatur sendiri, Yaitu antara Rp. 20.000,- atau Rp. 50.000,- atau Rp. 100.000,- atau sejumlah bebas yang ditentukan oleh donatur sendiri.
Donatur tentatif atau situasional adalah donatur tidak tetap, baik donatur reguler tak tetap, maupun donatur penyandang dana pada event event khusus, seperti program Jum'at berkah, zakat fitri, zakat maal, sumbangan untuk bencana alam, dan lain sebagainya.
Sumber pendapatan lainnya adalah berupa kotak kotak amal dan sumbangan yang dititipkan di beberapa tempat yang dipilih oleh yayasan, yaitu di sekitar domisili yayasan dengan metode penarikan pada setiap tanggal tertentu dan dengan petugas khusus dari yayasan yang telah dikoordinasikan sebelumnya dengan pengelola tempat penitipan kotak amal tersebut.
Dalam hal penarikan isi kotak amal, manajemen yayasan akan selalu membekali petugas khususnya tersebut dengan buku catatan administrasi khusus yang harus ditandatangani oleh petugas dan pengelola tempat penitipan kotak.
Sumber pendapatan yayasan yang lainnya adalah dari hasil bagi hasil dengan bekerja sama atau hubungan bisnis dengan fihak lainnya, yang saat ini sedang dalam tahapan studi kelayakaan dan persiapan program.
Program program tersebut di antaranya adalah penyelenggaraan bazaar amal dan pemasaran beraneka produk usaha, baik barang atau pun jasa.
Selanjutnya adalah mempersiapkan sistem administrasi yang handal, akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan berikut kontrol keuangan Yayasan.
Untuk itu diperlukan digitalisasi format administrasi untuk dapat digunakan sesuai dengan perkembangan zaman di era milenial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungannya, silahkan menulis pesan pesan anda