Jumat, 20 Januari 2023

Al Badr menjalin kemitraan

Sebagai sebuah lembaga sosial yang bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr merupakan sebuah wadah yang mengelola TPA dan Rumah Qur'an Al Badr, baik yang berada di pusat yaitu di Jakarta maupun cabang.

Rumah Qur'an pusat yang berada  di wilayah Jakarta Selatan adalah Rumah Qur'an Al Badr yang pertama kali didirikan di wilayah Kelurahan Ragunan, dan mulai menjalankan kegiatan pembelajaran Al Qur'an kepada masyarakat sejak tahun 2019.

Dokumentasi santri Rumah Qur'an Al Badr Jakarta saat menyetorkan hafalan Juz Amma kepada guru mengaji, Januari 2023

Sedangkan Rumah Qur'an Al Badr yang berada di daerah distrik Salawati Tengah, Papua Barat merupakan Rumah Qur'an Al Badr ke dua yang dibentuk oleh pengurus Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr pada tahun 2020.



Kunjungan staf Kesra Kelurahan Ragunan Jakarta, mewakili lurah Ragunan saat meresmikan pembukaan halaqah Maghrib mengaji, di dampingi ketua RW 09, dan ketua RT 001. 



Dokumentsi Rumah Qur'an Al Badr cabang Papua. Kegiatan lapangan di pagi hari bersama para santri Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat dan para guru serta pembina Rumah Qur'an Al Badr.

Keberadaan TPA dan Rumah Qur'an cabang Al Badr merupakan satu bentuk realisasi Khidmah dan pelayanan masyarakat ( dedikasi sosial ) dari Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr kepada seluruh masyarakat muslimin di seluruh Indonesia.

Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat. Pemberian bantuan tunjangan insentif mengajar dari pengurus RQ Al Badr kepada guru.

Dokumentsi Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat saat pemberian tunjangan insentif mengajar kepada para guru mengaji setempat 

Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat, Januari 2023. Tahfidz di asrama putri bada Isya Waktu Indonesia Timur.


Dokumentasi video saat tahfidz bada Isya di masjid Al Furqan, santri Rumah Qur'an Al Badr Salawati Tengah, Papua Barat.


Peluang menjadi mitra pendidikan Al Qur'an bersama Rumah Qur'an Al Badr

Berdasarkan acuan data statistik menjelaskan, bahwa struktur demografis masyarakat Indonesia saat ini mayoritasnya adalah umat Islam yang berada hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, dengan demikian, penyelenggaraan program program kegiatan pendidikan baik yang berbasis pendidikan Islam maupun pendidikan yang bersifat umum merupakan sebuah peluang terbaik bagi terselenggaranya proses pembinaan dan pembangunan sumberdaya manusia Indonesia.

Sesuai dengan rencana program jangka panjang, Rumah Qur'an Al Badr pun kembali membuka kesempatan kepada masyarakat, khususnya bagi setiap kaum muslimin yang memiliki perhatian dan ketertarikan di bidang pendidikan Islam untuk dapat bekerjasama membimbing dan membina masyarakat kaum muslimin di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan ilmu Al Qur'an.

Di antara bentuk dukungan yang telah diberikan oleh Rumah Qur'an Al Badr adalah berupa konsep kemitraan dakwah di dalam bidang kependidikan Islam, khusus nya pendidikan ilmu Al Qur'an.

Dukungan yang dapat diusahakan di antaranya berupa bimbingan teknis dan manajerial organisasi bagi lembaga pendidikan TPA atau Rumah Qur'an mitra Al Badr.

Rumah Qur'an maupun TPA yang akan menjadi mitra Al Badr dapat berwujud sebagai sebuah lembaga Rumah Qur'an atau TPA yang sebelumnya sudah ada dan beroperasi lengkap dengan susunan kepengurusannya sendiri, atau dapat pula berwujud sebagai Rumah Qur'an atau TPA yang baru akan didirikan dengan susunan kepengurusan lembaga yang akan ditentukan sendiri oleh pendirinya.

Rumah Qur'an Al Badr berkomitmen untuk memberikan dukungan dukungan baik berupa dukungan teknis seperti konsep penyelenggaraan kegiatan pendidikan, AD dan ART, bimbingan terhadap standarisasi kualifikasi guru mengaji, manajemen organisasi, maupun dukungan material seperti kebutuhan buku buku materi pengajaran, dan mushaf mushaf Al Qur'an.

Seluruh dukungan yang diberikan oleh Rumah Qur'an Al Badr sebagai koordinator bagi setiap Rumah Qur'an maupun TPA mitra Al Badr merupakan satu bentuk komitmen Rumah Qur'an Al Badr untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia, hingga diharapkan dapat menjadi Insan Kamil, dalam ketaqwaan dan akhlak mulia.

Teruntuk masyarakat kaum muslimin di Indonesia yang berminat untuk bergabung dalam program kemitraan dakwah di bidang kependidikan Islam dapat menghubungi nomor WhatsApp bapak Suryono, kepala bagian Humas Rumah Qur'an Al Badr, dengan mengunjungi link aktif ini :

Telp / WA  087777880061


Tatacara pengajuan kemitraan lembaga pendidikan

1. Yang dapat mengajukan program kemitraan adalah lembaga pendidikan baik formal maupun informal ( Madrasah, pondok pesantren, TPA / TPQ, Rumah Qur'an ) yang sedang membutuhkan bantuan melalui program kemitraan pendidikan Rumah Qur'an Al Badr.


2. Lembaga dapat menyampaikan pengajuan resmi secara tertulis untuk program kemitraan di bidang pendidikan kepada pengurus Rumah Qur'an Al Badr di Jakarta.

Ajuan tertulis dapat dialamatkan kepada sekretariat Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr Jakarta.

Untuk kemudahan, pengajuan resmi untuk kemitraan secara tertulis dapat pula disampaikan melalui email Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr :

yayasanalbadr@gmail.com


3. Mencantumkan pilihan kemitraan yang dikehendaki :

A. Bantuan waqaf mushaf Al Qur'an.

B. Bantuan kitab juz 'Amma.

C. Bantuan buku pelajaran cara membaca Al Qur'an, seperti kitab Iqro, dan yang semisalnya.

D. Standarisasi dan sertifikasi skill guru mengaji.

E. Sertifikasi hafalan Al Qur'an.

F. Pengenalan dasar dasar tata bahasa Arab untuk Al Qur'an dan Hadits.

G.Konsultasi manajemen TPA / TPQ dan Rumah Qur'an.


4. Kemitraan bersifat terbuka untuk umum


5. Terbuka kesempatan bagi peserta perseorangan untuk ikut serta dalam mengikuti program kemitraan ( poin 3 ), tanpa mengajukan permohonan secara tertulis.




Senin, 09 Januari 2023

Awal tahun yang menggembirakan

Mengawali rangkaian kegiatan yang menggembirakan di awal tahun 2023, Rumah Qur'an Al Badr Jakarta memperoleh suatu kehormatan dengan menerima sebuah kunjungan silaturahmi dari seorang tamu istimewa, yaitu seorang sahabat yang berasal dari kota Surakarta, Jawa Tengah.

Udtadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah saat berkunjung ke Rumah Qur'an Al Badr Jakarta, Ahad - Senin, 8 & 9 Januari 2023

Beliau adalah seorang guru, dan juga seorang pembimbing para santri di pondok pesantren Isy Karimah. Beliau adalah ustadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah, yang telah berpengalaman dalam membimbing masyarakat dan sangat berdedikasi dalam upayanya untuk menumbuh kembangkan rasa kecintaan pada Al Qur'an dengan mengajarkan sebuah teknik yang sangat menyenangkan bagi masyarakat agar cinta dan gemar dalam mempelajari cara membaca Al Qur'an, sehingga diharapkan kelak dapat memiliki skill membaca Al Qur'an, sekaligus mampu menghafal nya dengan baik, benar, dan indah ketika didengarkan.

Pada pertengahan tahun 2019, beliau telah berhasil menyusun dan mengembangkan sebuah metode / cara belajar yang sangat menarik, yaitu dalam belajar membaca Al Qur'an.

Metode belajar tersebut kemudian dikenal dengan nama "metode Mahabbah", yaitu metode pembelajaran dengan cara menanamkan rasa cinta kepada Al Qur'an, yaitu dengan menumbuhkembangkan perasaan yang menyenangkan saat membaca nya, serta menjadikan rasa yang nyaman saat sedang mempelajarinya. ( Mahabbah / cinta / senang / nyaman )



Satu bentuk keunikan yang sempat dirasakan saat pertama kali mengenal dan mempelajari metode Mahabbah adalah terciptanya suasana belajar yang begitu bersahabat, serta hadirnya nuansa perasaan mudah dalam belajar.

Apabila kita menjumpai di dalam beberapa contoh metode lain yang terkait dengan pembelajaran cara membaca Al Qur'an seperti Iqro, Qiroati, As Syafi'i ataupun metode Tilawati, yang di dalamnya banyak terkandung materi pelajaran inti dalam ilmu Tajwid yang diajarkan sejak dari bab awal hingga sampai pada bagian akhir pembahasan nya, maka di dalam pembelajaran metode Mahabbah ini, setiap orang akan terlebih dahulu diperkenalkan dengan beberapa teknik irama dalam melagukan bacaan Al Qur'an.

Dokumentasi gambar, seorang peserta dauroh Tilawah metode Mahabbah sedang praktik dan latihan mengalunkan lagu irama Ross ketika membaca potongan ayat Al Qur'an dan Adzan

Ada beberapa kemiripan antara teknik belajar membaca Al Qur'an metode Mahabbah dengan metode Umi.

Seperti hal nya metode Umi, maka metode Mahabbah juga menerapkan pembelajaran irama dalam bacaan Al Qur'an. Akan tetapi, apabila dalam metode Umi hanya menggunakan satu jenis irama dasar ( irama Ross ) maka dalam metode Mahabbah, para peserta kajian diarahkan untuk dapat membaca dengan pilihan irama bacaan lainnya, yang dirasa lebih cocok untuk dipilih oleh setiap personal seperti irama Bayati, Nahawand, Hijaz, Jiharka, Kurdi, bahkan irama Ross itu sendiri.

Dokumentasi video, teknik ketika seseorang sedang mempelajari dan memainkan pola irama ketika membaca Al Qur'an ini akan terasa begitu mudah, indah dan sangat menyenangkan, sehingga jauh dari kesan yang berat dan menyulitkan.

Di sela sela pengenalan pola irama bacaan Al Qur'an, disisipkan pula materi dasar dasar tajwid seperti makhorijul huruf, dan ahkamu Tajwid secara sistematis,  sehingga kelak ketika seseorang sudah merasakan masa masa awal belajar yang mudah, nyaman, dan menyenangkan, diharapkan kedepannya akan sangat mudah pula dalam menyerap materi pelajaran Tajwid.

Demikianlah kira kira sebuah gambaran singkat mengenai metode Mahabbah, teknik belajar membaca Al Qur'an dengan baik, benar, dan Indah saat didengarkan.


Dauroh teknik membaca Al Qur'an untuk santri kelas Ikhwan dewasa.

Mengawali kunjungan perdana udtadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah di sekretariat Rumah Qur'an Al Badr Jakarta, merupakan sebuah kunjungan persahabatan, yaitu sebagai pertemuan lanjutan saat pertama berjumpa bersama dengan team Rumah Qur'an Al Badr di pondok pesantren Daarul Tauhid Bandung, kala sedang melakukan kunjungan kerja pada pertengahan bulan Januari 2022.  Kini di awal Januari tahun 2023, beliau ( ustadz Ismail Hamatuddin ) berkesempatan pula untuk memberikan dauroh singkat bertema pengantar dan pengenalan cara belajar membaca Al Qur'an dengan metode Mahabbah yang dikembangkannya tersebut di Rumah Qur'an Al Badr Jakarta.

Team pengurus Rumah Qur'an Al Badr Jakarta bersama ustadz Ismail hafidzahullah, penyusun teknik belajar membaca Al Qur'an metode Mahabbah. Berjumpa ketika sedang dalam kunjungan kerja di pondok pesantren Daarut Tauhid, Bandung 

Di kesempatan dauroh yang pertama, yaitu pada hari Ahad, tanggal 8 Januari 2023 ba'da Isya, ustadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah membimbing para santri Ikhwan dewasa ( bapak bapak dan remaja ) di Rumah Qur'an Al Badr.

Turut hadir dalam acara dauroh tersebut, ustadz Salim Lc sebagai ketua dewan guru Rumah Qur'an Al Badr, ustadz Aldi. Sy, dan ustadz Rizki sebagai team pengajar di TPA Al Badr.

Acara dauroh turut dihadiri pula oleh 9 peserta kajian yang merupakan sebagian dari santri santri di TPA / Rumah Qur'an Al Badr yang berasal dari kelas Ikhwan dewasa.

Dokumentasi video ketika ustadz Ismail Hamatuddin,  hafidzahullah sedang praktik memperkenalkan metode Mahabbah dalam proses belajar membaca Al Qur'an.


Dokumentasi video, momen ketika para peserta kajian satu persatu dibimbing untuk praktik belajar melafadzkan potongan potongan ayat dengan pola irama yang indah 

Dauroh pengantar belajar membaca Al Qur'an metode Mahabbah yang berdurasi sekitar 2 jam tersebut terasa begitu singkat oleh karena suasana belajar yang nyaman, serta metode cara belajar yang menyenangkan, sehingga setiap peserta dauroh pun merasa tertantang untuk mencoba dan mempraktekkan setiap arahan yang disampaikan oleh ustadz Ismail Hamatuddin.

Dalam kesempatan dauroh ini, terdapat pula satu kesepakatan kerjasama di bidang pendidikan Al Qur'an, antara ustadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah sebagai penyusun langsung metode Mahabbah tersebut bersama dengan Rumah Qur'an Al Badr, yang isinya mengenai pengembangan metode Mahabbah dalam melengkapi dan menunjang proses KBM di Rumah Qur'an Al Badr.


Dauroh teknik membaca Al Qur'an untuk para santri TPA Al Badr kelas anak anak.

Di kesempatan dauroh yang ke dua, yaitu pada keesokkan harinya, ustadz Ismail hafidzahullah berkesempatan pula untuk menyapa dan memperkenalkan cara belajar membaca Al Qur'an metode Mahabbah kepada para santri kelas anak anak di aula TPQ Al Badr Jakarta.

Dokumentasi saat ustadz Ismail sedang membimbing sebagian santri kelas anak anak di Rumah Qur'an Al Badr 

Sebagian dari para santri yang tergabung di 5 buah halaqah ( kelas pembelajaran ) di TPA Al Badr dapat hadir secara langsung, sementara sebagian lainnya mengajukan izin oleh karena berhalangan untuk hadir.

Ustadz Ismail hafidzahullah saat memandu pengenalan metode Mahabbah ketika KBM santri kelas anak anak sedang berlangsung di Rumah Qur'an Al Badr 

Seperti hal nya pada dauroh yang sebelumnya, ustadz Ismail Hamatuddin, hafidzahullah pun tampil kembali di depan kelas untuk memperkenalkan serta membimbing para santri mengenai cara belajar membaca Al Qur'an metode Mahabbah.

Acara dauroh tersebut turut dihadiri oleh 25 orang santri, dan berlangsung sejak jam 16.30 ( bada Asar ) hingga jam 18.00 ( Maghrib ).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula ustadz Salim Lc bersama ketua bidang sosial dan pj program waqaf Al Qur'an, bapak Tri Mulyanto ikut membimbing para santri sambil mendokumentasikan kegiatan dauroh.



Minggu, 01 Januari 2023

Kaleidoskop RQ Al Badr 2022

Kilas balik Rumah Qur'an Al Badr sepanjang tahun 2022 menuju program 2023


Tulisan ini adalah sebuah ringkasan yang berisi tentang kilas balik program program kerja yang telah direalisasikan di Rumah Qur'an Al Badr di sepanjang tahun 1443 H / 2022 M.

Di tengah tengah masa pandemi yang melanda di hampir seluruh belahan dunia di sepanjang tahun 2022, seluruh masyarakat Indonesia pun ikut merasakan dampak dari situasi global yang sempat dibayangi pula dengan situasi penuh kekhawatiran, ketidakpastian dan  keterbatasan.

Ketidakpastian stabilitas keamanan nasional pun turut memberikan andil bagi beragam keterbatasan baik di bidang aktifitas perekonomian, maupun aktifitas di sektor pendidikan.


Atas Rahmat dan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta'alaa, masyarakat di Indonesia pun kini dapat terbebas dari situasi pandemi yang di dirasakan begitu mencekam.

Aktifitas perekonomian pun perlahan mulai menunjukkan pada tahap perbaikan dan normalisasi. Seiring dengan membaiknya situasi keamanan nasional akibat pandemi global, sektor pendidikan pun kini mulai menunjukkan aktivitas belajar seperti semula, yaitu dengan kehadiran langsung di kelas pembelajaran.



Rumah Qur'an Al Badr pun pada sebagian waktu di sepanjang tahun 2022 pernah pula menerapkan metode pembelajaran tidak langsung ( on line ), yang sempat berjalan dengan sejumlah keterbatasan dan tantangan nya yang tersendiri.

Sejalan dengan perubahan situasi keamanan nasional, kini kegiatan belajar mengajar ( KBM ) pun telah 100% diselenggarakan dengan cara kehadiran langsung di kelas ( off line ).


Rumah Qur'an Al Badr saat ini

Di sepanjang tahun 2022, Rumah Qur'an Al Badr telah pula mengelola sebuah Rumah Qur'an cabang ( mitra ) yang berlokasi di distrik Salawati Tengah, Papua Barat.

Bersama dengan kepengurusan Rumah Qur'an yang telah disempurnakan, kegiatan belajar mengajar ( KBM ) dapat mengakomodasikan layanan bimbingan kepada 150 orang santri yang berada di 2 buah TPA, yaitu di wilayah Kalobo dan Sakabu, yang dikelola oleh 3 orang pengurus, dan 8 orang guru mengaji.

Rumah Qur'an Al Badr di Jakarta merupakan Rumah Qur'an pusat, tempat berdirinya organisasi induk yang mengelola operasional di organisasi Rumah Qur'an Al Badr.



Pogram kerja Rumah Qur'an Al Badr Jakarta pada bulan Desember 2022

Dengan struktur kepengurusan yang lebih sempurna, Rumah Qur'an Al Badr di Jakarta saat ini telah rutin menyelenggarakan pendidikan Al Qur'an untuk sekitar 70 orang santri yang terdiri dari 50 santri kelas anak anak, 12 orang santri kelas Ikhwan dewasa, dan 8 orang santri kelas akhwat dewasa, dikelola oleh 8 orang pengurus, dan 5 orang guru mengaji.


Kegiatan di Rumah Qur'an Al Badr sepanjang tahun 2022


1. TPA Al Badr kelas sore

Merupakan Taman Pendidikan Al Qur'an kelas reguler yang diselenggarakan di Rumah Qur'an Al Badr.

Hingga akhir Desember 2022, terdapat 4 halaqah ( kelas ) reguler di TPA Al Badr.

Setiap kelas diikuti oleh 10 orang peserta anak anak, yang dipandu oleh 3 orang guru mengaji.



Durasi pembelajaran untuk setiap halaqah ( kelas ) pembelajaran adalah 3 hari dalam satu pekan, dengan tempat penyelenggaraan kajian di gedung utama Rumah Qur'an Al Badr dan di wisma Mitra Rumah Qur'an Al Badr.


2. Kajian malam Rumah Qur'an Al Badr kelas Ikhwan dewasa dan remaja.

Sebagaimana TPA Al Badr, sejak pertama Rumah Qur'an Al Badr berdiri, telah pula diselenggarakan kajian tajwid, tahsin, dan tahfidz Al Qur'an yang diikuti oleh peserta bapak bapak dan remaja.



Sejak Januari 2022, terdapat 2 halaqah ( kelas ) pembelajaran yang dipandu oleh satu orang guru mengaji, yaitu halaqah 1 ( tajwid dasar ) dengan peserta 6 orang dan halaqah 2 ( tajwid lanjutan ) dengan peserta 6 orang.


3. Kelas kajian bahasa Arab tingkat dasar 

Program pelatihan bahasa Arab tingkat dasar mulai diselenggarakan di awal awal tahun 2022, dengan jumlah kelas pembelajaran 1 halaqah yang diikuti oleh 6 orang peserta yang dipandu oleh satu orang guru bahasa Arab.

Materi pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar adalah meliputi bahasan ilmu Sharaf, dan Nahwu yang dikemas dalam dua buah kitab materi, yaitu kitab Shorof dan kitab Durusulughoh Arobiyah jilid 1 sampai 3.

Terdapat satu kali jadwal pembelajaran dalam satu pekan, yaitu setiap hari Jum'at jam 20.00 sampai selesai.


4. Dauroh tauhid untuk umum

Sebagaimana kelas pembelajaran bahasa Arab, di Rumah Qur'an Al Badr telah diselenggarakan pula dauroh ilmu tauhid yang membahas materi tentang aqidah Islamiyah.

Aqidah merupakan benteng pertahanan masyarakat muslimin agar dapat menjaga dan menyempurnakan aqidah nya di kehidupan dunia dan keselamatan di kehidupan akhirat.



Kelas pembelajaran dauroh aqidah ini terbuka untuk umum, diselenggarakan satu kali dalam sepekan, setiap hari Kamis jam 20.00 hingga selesai, yang dipandu oleh satu orang guru kajian aqidah.


5. Maghrib Mengaji, kelas anak anak 

Sebagaimana dengan program yang telah dicanangkan pemerintah, Rumah Qur'an Al Badr turut menyambut berlangsung nya program Maghrib Mengaji.



Pada November 2022, pemerintah daerah DKI Jakarta melalui staf kesra yang mewakili lurah di kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan meresmikan penyelenggaraan perdana program Maghrib mengaji.

Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu di antara Maghrib sampai setelah Isya dengan mengaji atau belajar mengaji.

Rumah Qur'an Al Badr telah  membentuk satu halaqah ( kelas ) khusus Maghrib mengaji yang terdiri dari 10 orang santri / siswa baru, yang dipandu oleh seorang guru mengaji, dengan waktu pembelajaran setiap hari Kamis, Jum'at, dan Sabtu dari jam 18.15  hingga jam 20.00.


6. Maghrib mengaji, kelas ibu ibu 

Semenjak pertama didirikan, hingga di bulan Desember 2022, dan seterusnya, Rumah Qur'an Al Badr telah pula menyelenggarakan kegiatan Maghrib mengaji yang diikuti oleh peserta ibu ibu di lingkungan sekitar Rumah Qur'an Al Badr.

Saat ini telah berjalan sebanyak 1 kelas pembelajaran yang diikuti oleh 9 orang peserta ibu ibu yang dipandu oleh 1 orang ustadzah dengan jadwal pembelajaran satu kali dalam sepekan, di setiap hari Rabu bada Maghrib hingga jam 20.00

Kegiatan yang diselenggarakan adalah ilmu tajwid, tahsin tilawah, dan tahfidz Al Qur'an.


7. Beasiswa pendidikan

Rumah Qur'an Al Badr membuka kesempatan penyelenggaraan bantuan beasiswa pendidikan baik beasiswa eksternal maupun beasiswa internal kepada santri santri nya yang berkeinginan besar untuk bersekolah di pondok pondok pesantren.



Hingga tahun 2022 terdapat 1 orang santri dari Rumah Qur'an Al Badr Jakarta yang mengikuti program bantuan beasiswa internal. status santri tersebut saat ini ini sedang bersekolah di pondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah, di Bogor, Jawa Barat.

Seorang pelajar/santri Rumah Qur'an Al Badr, Jakarta, saat bersama rekan rekannya di Rumah Qur'an Al Badr,  yang kemudian melanjutkan pendidikan di pondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah dengan bantuan beasiswa pendidikan dari Rumah Qur'an Al Badr.

Pada akhir tahun 2022, ada 2 orang santri Rumah Qur'an cabang Salawati Tengah yang telah memperoleh kesempatan memperoleh bantuan beasiswa pendidikan secara eksternal dengan perincian 1 orang santri bersekolah di pondok pesantren Zaid Bin Haritsah ( Bogor ), dan 1 orang santri mahasiswa yang bersekolah di Ma'had Daarusy Syahadah, di Boyolali, Jawa Tengah.










Santri Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua, yang memperoleh kesempatan belajar di Ma'had Daarusy Syahadah, Jawa Tengah, dengan program beasiswa penuh eksternal 


8. Waqaf Al Qur'an

Program waqaf Al Qur'an Al Badr yang telah berjalan sejak hampir 2 tahun ini telah menerima dan mendistribusikan donasi dari masyarakat kaum muslimin baik berupa mushaf Al Qur'an maupun berupa uang tunai dan transfer rekening, baik dari instansi maupun dari perseorangan.

Sepanjang tahun 2022, Rumah Qur'an Al Badr telah menerima donasi berupa ...buah mushaf Al Qur'an dari beberapa instansi, kemudian sebanyak ... buah mushaf dari donatur perseorangan.



Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr, proses pengepakan untuk pengiriman waqaf Al Qur'an 

Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr, serah terima waqaf Al Qur'an dari Gemilang Indonesia kepada Rumah Qur'an Al Badr 



Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr, serah terima distribusi penyaluran waqaf Al Qur'an kepada TPA TPA yang berada di sekitar Rumah Qur'an Al Badr 



Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr, penerimaan distribusi waqaf Al Qur'an oleh para pelajar di sebuah madrasah di Karawang 

Dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini pula, Rumah Qur'an Al Badr telah mendistribusikan sekitar 470 buah mushaf Al Qur'an, 20 buah kitab Iqro, dan 50 buah kitab Juz Amma kepada 2 instansi sekolah / madrasah,  4 TPA, dan ke 4 masjid, serta kepada masyarakat secara perseorangan, di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa tengah, Flores, dan Papua Barat.


9. Program sosial lainnya

Penyelenggaraan Qurban hari raya Idul Adha

Di samping program waqaf Al Qur'an dan beasiswa pendidikan, Rumah Qur'an Al Badr pun menyelenggarakan program khas seperti pengelolaan hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha.

Tahun 1443 H, bertepatan dengan tahun 2023, adalah kali yang pertama Rumah Qur'an Al Badr menyelenggarakan pengelolaan hewan Qurban.

Pada event perdana tersebut, terkumpul sebanyak 4 ekor kambing Qurban, dengan perincian 3 ekor dari warga setempat, dan 1 ekor lainnya dari seorang donatur dari luar Jawa.

Hewan Qurban yang telah disembelih pada hari Tasyriq kemudian didistribusikan kepada warga setempat di sekitar Rumah Qur'an Al Badr.


10. Aksi peduli bantuan bencana alam

Rumah Qur'an Al Badr turut bersimpati kepada segenap masyarakat di Indonesia yang terkena dampak bencana alam, baik banjir, maupun gempa bumi.

Melalui aksi peduli bantuan korban bencana alam, Rumah Qur'an Al Badr mengajak kepada para dermawan untuk berinfaq dan bersedekah, di antaranya adalah peristiwa gempa bumi di Cianjur beberapa saat yang lalu.

Rumah Qur'an Al Badr bekerja sama dengan warga di lingkungan setempat mendistribusikan donasi bantuan baik yang berupa uang tunai, maupun bahan bahan makanan dan obat obatan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa secara langsung.

Semoga bencana alam tersebut tidak lagi terjadi di Indonesia.


11. Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah

Dalam keseharian nya, Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat telah menjalankan pula beragam kegiatan, sama seperti halnya dengan Rumah Qur'an Al Badr di Jakarta, yaitu dengan pola kerja dan kurikulum yang sama, pendidikan Al Qur'an dan pembinaan aqidah.




Program kerja Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, pada bulan Desember 2022


12. Konsultasi hukum secara gratis

Di bulan November 2022, Rumah Qur'an Al Badr memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi mengenai tata hukum yang berlaku di Indonesia.



Konsultasi hukum ini bersifat gratis, yang dipandu oleh seorang praktisi hukum, yang merupakan ketua dewan pengawas di Rumah Qur'an Al Badr.



Masyarakat dapat mengakses layanan konsultasi hukum secara gratis melalui nomor WhatsApp sebagaimana tertera di halaman muka di website resmi Rumah Qur'an Al Badr.


Perencanaan anggaran pendapatan dan belanja Rumah Qur'an Al Badr 

Demikianlah ringkasan program program kerja di Rumah Qur'an Al Badr yang diselenggarakan di sepanjang tahun 1443 H / 2022 M.

Dari seluruh jenis jenis program kerja dan kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Qur'an Al Badr tersebut, dapat berjalan keseluruhannya berkat dukungan dan kepercayaan dari para donatur dan muhsinin yang telah berinfaq dan bersedekah di Rumah Qur'an Al Badr.


Akses informasi untuk melihat perkembangan program dan hasil kerja di Rumah Qur'an Al Badr 

Secara terjadwal manajemen di Rumah Qur'an Al Badr selalu menyampaikan laporan anggaran Pendapatan serta Anggaran kegiatan, berikut laporan perkembangan hasil pendidikan para santri di Rumah Qur'an Al Badr kepada masyarakat para donatur melalui grup WhatsApp.

Secara teratur pula, manajemen Rumah Qur'an Al Badr telah menyediakan channel chanel media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta sebuah website sebagai sarana sosialisasi kegiatan kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Suasana saat meeting dalam rangka maintenance website Rumah Qur'an Al Badr oleh team Teknologi Informasi bekerja sama dengan Humas.

Tampilan mobile halaman muka website resmi Rumah Qur'an Al Badr 

Website resmi ini dikelola oleh departemen Humas YaPIS Al Badr, bekerja sama dengan team teknologi informasi Rumah Qur'an Al badr 

Masyarakat dapat mengakses website tersebut di alamat https://www.Yapisalbadr.org

Sabtu, 24 Desember 2022

Belajar secara teratur meski sekolah sedang libur

Disebutkan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim :

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” 

Berdasarkan makna yang tersirat dari hadits tersebut, maka hikmah yang bisa diambil di dalam proses belajar ialah " jangan pernah ada kata untuk berhenti ( belajar )".

Maksud dari kata larangan"berhenti" dalam hal ini adalah keadaan yang benar benar berhenti, sehingga terdiam, dan tidak ada lagi keinginan untuk meneruskan belajar, karena sejatinya belajar adalah sebuah rangkaian proses menuju kepada suatu penyempurnaan.



Nasihat imam As asyafi'i kepada para orang tua untuk ikut membimbing proses belajar Al Qur'an bagi anak anaknya secara istiqamah.


Adapun apabila berhentinya itu adalah sebuah jeda singkat sebagai waktu selingan untuk rehat sejenak, justru akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat sebagai sebuah proses persiapan untuk melanjutkan tahapan belajar yang berikutnya.

Di dalam Al Qur'an, ditemukan sebuah petunjuk agar dapat bersikap Istiqomah dalam mengerjakan setiap amal amal kebaikan, termasuk di dalamnya adalah kegiatan belajar.


فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ

Artinya :  Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

( Al Insyiroh : 7 )


Dalam buku tafsir Juz 'Amma yang disusun oleh Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, beliau menuliskan tafsir dari ayat tersebut :

Jika kamu telah selesai mengerjakan kesibukan duniamu, maka berdirilah dan semangat dalam mengerjakan ibadah yang dengannya kamu akan mendapatkan akhiratmu lebih baik, dan janganlah kamu habiskan waktumu hanya untuk urusan dunia semata, tetapi seimbangkanlah dengan amalan akhirat dan dzikir kepada Allah.

Waktu yang lapang adalah nikmat dari Allah.


Rasulullah shalallahu alayhi wasallam bersabda : 


 نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ 


 “Ada dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang."

( Hadits diriwayatkan oleh Imam Bukhori : 6412 , dari hadits Ibnu 'Abbas ).


Waktu luang adalah nikmat dari Allah, maka tidak sepantasnya seseorang mensia-siakan waktu luang itu dengan bermain dan kelalaian serta kemalasan , tetapi memanfaatkan waktu itu dengan memperbanyak amalan dan kebaikan baik yang bermanfaat untuk saat sekarang maupun untuk masa yang akan datang.

Demikianlah kaidah dalam belajar dan menuntut ilmu, sebagaimana termaktub dalam penafsiran ayat tersebut, hendaknya dilakukan dengan berkesinambungan / Istiqomah.

Lembar kegiatan pekan liburan akhir tahun 2022, bagi para siswa siswi di Rumah Qur'an Al Badr.


Demikian pula hal nya, di dalam kegiatan belajar mengajar ( KBM ), Rumah Qur'an Al Badr telah menerapkan kebijakan untuk memberikan waktu untuk berlibur di akhir tahun, seperti halnya libur sekolah yang telah diterapkan oleh departemen pendidikan nasional ( DikNas ).

Akan tetapi pada masa masa liburan tersebut, para santri di Rumah Qur'an Al Badr tetap akan memperoleh tugas berupa kegiatan belajar dan mengulang kembali pelajaran yang telah diperoleh nya di rumah bersama sama dengan bimbingan para orang tuanya masing-masing.

Ragam kegiatan belajar di rumah tersebut di antaranya adalah membaca kembali materi Iqro, dan persiapan hafalan Al Qur'an juz 'Amma baik berupa murojaah / mengulang ulang hafalan maupun ziyadah / menambah hafalan baru.

Suksesnya agenda kegiatan belajar di rumah tersebut tentunya sangat bergantung pada dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh orang tua masing-masing siswa, yang di antaranya adalah dengan turut memberikan autentikasi berupa tanda paraf di kolom khusus pada lembar kegiatan harian santri / siswa.

Di akhir tahun 2022, meski kalender kegiatan belajar sedang diliburkan, para santri di Rumah Qur'an Al Badr  diharapkan untuk dapat tetap beristiqomah ( lembur ) untuk tetap belajar, sambil berlibur bersama keluarga nya masing-masing.



Praktik sholat berjamaah, beserta bacaan dan dzikir setelah sholat. Bimbingan yang hendaknya secara berkelanjutan untuk dilakukan pula oleh para orang tua santri, mengontrol pelaksanaan sholat 5 waktu bagi anak anaknya secara berjamaah di masjid sebagaimana yang selama ini diajarkan di Rumah Qur'an Al Badr.

Karena sejatinya, saat terindah adalah ketika para santri sedang berada di rumah bersama sama dengan keluarga dan kedua orangtuanya. 

Lembar isian bagi kegiatan belajar di rumah merupakan sebuah sarana pengontrolan dari para guru di Rumah Qur'an Al Badr kepada para siswa / santri, agar senantiasa terjaga dan terus belajar meski sedang memasuki pekan libur di akhir tahun.

Sebagaimana santri di kelas anak anak beristiqomah dalam belajar nya, maka santri santri di kelas bapak bapak pun ikut Istiqomah, yaitu dengan dibentuknya grup WhatsApp Tilawah Al Qur'an, sebagai sarana kontrol harian dari guru / ustadz kepada proses belajar secara mandiri, melancarkan bacaan Al Qur'an.



Kamis, 15 Desember 2022

Siapakah pendidik yang terbaik itu ?

Wali murid, adalah mitra terbaik para guru pendidik.

Keberadaan dari sebuah lembaga pendidikan, baik yang umum maupun yang bernuansa Islami, baik yang bersifat formal ( Sekolah Islam Terpadu ) maupun yang sifatnya informal ( Pondok pesantren, Rumah Qur'an, TPQ, dan lain lain ) sejatinya adalah sebuah sarana belajar yang strategis sekaligus sebagai tempat belajar yang ideal dalam proses pembentukan karakter bagi para siswanya agar kelak di kemudian hari mereka dapat menjadi individu individu yang berkualitas, memiliki kemuliaan akhlak, khasanah ilmu pengetahuan, serta memiliki kemampuan untuk menerapkannya di dalam kehidupan bermasyarakat.


Sebuah prestasi dalam belajar 

Keberhasilan dalam belajar adalah suatu cita cita mulia yang tentunya telah lazim untuk dijadikan sebagai target utama dari keberlangsungan proses belajar mengajar ( KBM ).

Setiap siswa dan siswi yang tengah belajar tentu saja sangat berkeinginan untuk dapat meraih prestasi belajar yang menggembirakan. Akan tetapi, prestasi belajar sesungguhnya bukan lah hanya sekadar perolehan terbaik nilai akademik, akan tetapi meliputi pula kepada penilaian aspek perilaku, akhlak, dan budipekerti.

Satu bentuk apresiasi terhadap prestasi belajar siswa dan siswi di Rumah Qur'an Al Badr, adalah berupa ucapan selamat, sebagai sebuah pengakuan dari lembaga pendidikan dalam hal penilaian dari segi aspek prestasi pelajaran ilmu Al Qur'an.

Prestasi belajar, selain ditentukan secara langsung oleh faktor tingkat kecerdasan setiap siswa yang begitu bervariasi, pencapaian prestasi belajar yang terbaik tentunya akan sangat bergantung pula pada peran serta aktif dari para orang tua murid, yang dalam hal ini bertindak sebagai mitra dari guru guru pendidik di sekolah.

Ketika para orang tua atau walimurid datang untuk mengantarkan dan mendaftarkan anak anaknya agar dapat turut belajar di sebuah lembaga pendidikan, maka sejatinya para orang tua murid tersebut berkeinginan untuk menyepakati sebuah komitmen demi sebuah tujuan kesuksesan pendidikan untuk anak anaknya, yaitu bersama dengan para guru serta pengelola di lembaga pendidikan tersebut.

Dokumentasi Al Badr, saat ketua Rumah Qur'an Al Badr ustadz Salim Lc yang bertindak sebagai walisantri pengganti sedang mengantarkan Iban, seorang santri Rumah Qur'an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua untuk daftar ulang ketika hendak belajar melalui jalur beasiswa di pondok pesantren Zaid bin Haritsah, di Bogor Jawa Barat.

Dengan kata lain, para orang tua dan wali murid tersebut, sesungguhnya sangatlah menaruh kepercayaan yang tinggi dan sekaligus harapan yang begitu besar agar para guru yang mengajar di lembaga pendidikan tersebut dapat membimbing anak anak yang telah dititipkannya hingga sukses di dalam proses belajar nya nanti.

Dan tatkala proses pembelajaran di sekolah sedang  berlangsung, maka sudah selayaknya lah bagi para wali murid untuk dapat ambil bagian dan turut serta berperan aktif sebagai mitra pendidik para guru dengan cara membimbing dan memotifasi anak anaknya saat sedang mengulang pelajaran pelajaran sekolahnya di rumah.



Dokumentasi Rumah Qur'an Al Badr, suasana saat musyawarah dan evaluasi belajar santri, antara dewan guru Rumah Qur'an Al Badr dengan para walisantri di aula Rumah Qur'an Al Badr, November 2022. Jumlah persentasi kehadiran walisantri merupakan indikator tingkat kepedulian para orang tua atau walimurid untuk keberhasilan proses belajar bagi anak anaknya. 




Melalui event musyawarah dan evaluasi antara guru dengan walisantri, diharapkan dapat menjadi event silaturahmi untuk meningkatkan prestasi dan perkembangan belajar anak anak yang sedang belajar di Rumah Qur'an Al Badr.


Kerja sama yang harmonis 

Di sekolah atau di lembaga pendidikan, para guru memberikan bimbingan dan pengajaran kepada setiap murid.

Sedang di rumah, ketika para siswa telah pulang dari kegiatan belajarnya di sekolah, adalah saat saat yang terbaik bagi para orang tua untuk tampil dan memainkan peran istimewanya sebagai guru, orang tua dan sekaligus sebagai sahabat untuk dapat berkomunikasi dengan lebih intens kepada anak anaknya. Komunikasi yang bersahabat dari orang tua / walimurid kepada anak anaknya dapat diawali dengan berdialog, dan bertanya jawab tentang pengalaman belajarnya yang istimewa di hari itu, hingga berdiskusi atau sekedar mendengarkan cerita lepas dari anak anaknya.

Dengan semakin intens dan hangatnya komunikasi di antara orang tua dengan anak anaknya, diharapkan dapat membendung fenomena antisosial yang marak muncul di era modern saat ini sebagai akibat dari sangat tergantungnya seorang anak yang  hobby bermain main di media sosial dengan perantara perangkat gadget yang dimilikinya.

Perkataan berupa motifasi, semangat, dan bimbingan, serta pengajaran orang tua kepada anak anak nya di rumah dapat disampaikan sesuai dengan kadar kemampuan dari masing-masing orang tua kepada anak anaknya, dan demikianlah sebuah gambaran sederhana tentang sinergi yang harmonis untuk mewujudkan anak anak Indonesia yang bertaqwa, cerdas, dan berkualitas.

Sebagaimana telah maklum, bahwasanya keharmonisan dalam kehidupan di sebuah keluarga adalah sebuah madrasah ( sekolah ) yang paling baik dan yang paling awal yang akan dilalui oleh setiap anak sebelum ia menimba ilmu di sekolah sekolah, atau di lembaga lembaga pendidikan lainnya.

Rumah Qur'an Al Badr, sebagai satu di antara sekian banyak lembaga pendidikan Islami yang kini banyak tersebar di seluruh penjuru Indonesia dapat pula melihat dan merasakan akan begitu besarnya potensi generasi muda khususnya generasi muda umat Islam di Indonesia, terlebih lagi apabila sinergi dan keharmonisan di antara para guru pendidik di Rumah Qur'an Al Badr bersama dengan para orang tua dan wali murid dapat tercipta dan terpelihara dengan baik.

Sebuah komitmen yang terbaik, sejatinya telah didedikasikan oleh para guru dan pengelola di Rumah Qur'an Al Badr, dan kini seyogyanya gayung pun semoga dapat pula bersambut, dan kata kata pembuka dapat lah pula kitanya dimengerti dan berlanjut kembali.

Dengan terwujudnya kerjasama dan komunikasi yang harmonis di antara guru pendidik serta para pengelola di Rumah Qur'an Al Badr bersama dengan para orang tua / wali murid, semoga saja dapat menjadi wasilah untuk menghantarkan anak anak didik menjadi generasi muslim yang paripurna.


Kalam penutup


Mendaftarkan anak tercinta untuk bersekolah di sebuah lembaga pendidikan, bukan lah hanya sekadar membayarkan uang pendaftaran serta iuran infaq bulanan semata.

Dan mendaftarkan anak untuk bersekolah bukan lah pula sekadar menggantungkan harapan semata, atau bahkan menuntut hasil serta prestasi belajar yang setinggi tingginya kepada lembaga lembaga pendidikan yang telah bersedia untuk menerima anak anaknya untuk dapat bergabung di sekolah.

Menyekolahkan sang buah hati  bukan lah sekadar prosesi membayar sejumlah harga dari sebuah jasa pengajaran semata.

Menyekolahkan anak, sang buah hati adalah sebuah amanah besar yang harus dijalani dengan cara cara yang indah, berkesan, dan menyenangkan, yaitu berkat kerjasama yang harmonis antara guru bersama dengan wali murid.


Postingan populer

Perjalanan RQ Al Badr sepanjang tahun 2024

Ada sebuah aturan tak tertulis yang sejak dahulu telah menjadi semacam tradisi, yaitu ketika posisi penanggalan kalender telah sampai di are...